Dr.Soegianto Soelistiono, Ir.,M.Si

Berpacu menjadi yang terbaik

Pemahaman Masalah di Komputer

03 January 2012 - dalam Serie Pendalaman Teknik Komputasi Oleh soegianto-fst

Sering kali kita mengalami masalah dengan komputer kita, yang sangat mengesalkan jika saat kita menulis makalah di word tiba-tiba komputer error, nah saat itu biasanya kita tekan bersamaan ctrl+alt+del nah .... sistem akan melakukan restart, tapi .... data kita akan hilang ... hmmm.

Kita perlu mulai memahami beberapa masalah komputer :

 

1. CPU terlalu panas

CPU biasanya dilengkapi dengan kipas prosesor agar tetap dingin.Jika kipas gagal berputar dan ruangan CPU mungkin mulai terlalu panas akan menghasilkan komunikasi yang terjadi di tingkat clock menjadi tidak akurat. 
 Ini adalah juga menjadi masalah umum di chip yang telah dibuat overclocked untuk beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi daripada mereka yang seharusnya.


cara yang bisa dilakukan adalah dengan menginstall software pendingin (http://www.coolit.com/ atau www.computernerd.com ) software ini berguna melakukan pengontrolan kipas agar lebih tepat putarannya,
selain itu  bisa diperbaiki dengan menonaktifkan cache CPU internal di BIOS. hal Ini akan membuat mesin berjalan lebih lambat, tetapi sistem menjadi lebih stabil.


2. Power supply

D
alam power suply CPU sdh dilengkapi sistem pengendali lonjakan arus karena menggunakan konsep looping, bukan switching, tapi tetap saja jika tegangannya dibawah kapasitas minimumnya maka power suply yang dimiliki CPU tidak akan mampu berfungsi dengan baik.

 

Cara yang diberikan adalah dengan menambahkan UPS yang berfungsi untuk menahan lonjakan arus dan juga menstabilkan tegangan yang ada.

 

3. akan dilanjutkan segera ....



Read More | Respon : 0 komentar

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :