Dr.Soegianto Soelistiono, Ir.,M.Si

Berpacu menjadi yang terbaik

Struktur : Veritikal Vs Horisontal

28 October 2011 - dalam Idea Ku Oleh soegianto-fst

Sudah 8 bulan ini aku mendapatkan amanah untuk memimpin sistem Informasi Unair, amanah ini cukup berat tapi tetep harus dilaksanakan. sebagai orang yang mengatur dinamika sistem informasi tentunya aku harus membuat semua personil yang dilingkungan pengelola sistem informasi unair mulai selalu berfikir serba IT. mulai dari kewajiban mengaktifkan akun facebook dan akun yahoo messager sampai menambah beberapa plasma diruangan untuk menambah suasana yang berbasis IT. semua orang DSI aku mulai arahkan untuk melek IT, mungkin melek disini bisa diartikan berbeda-beda, tapi yah ... terserah pembaca untuk mengartikan level mana maksud dari melek IT tersebut.

Termasuk masalah kebijakan struktur, sebagai orang yang harus selalu mikir dengan dasar IT, terfikirkan untuk mengubah operasional vertikal menjadi horisontal, apa dasar pemikiran ini ? hmm....  struktur vertikal ini sering kali mengakibatkan dinamika proses menjadi lambat, sementara harusnya aliran dinamika teknis fungsional dan struktural kan harusnya dibedakan ? dinamika fungsional lebih berbasiskan kemampuan teknis keilmuan IT sedangkan aliran struktur vertikal lebih didasarkan pada kebutuhan untuk melakukan manajemen administrasi kelembagaan. hmmm .... ini sesuatu yang sangat berbeda.

Jika dilihat dari kebutuhan pelayanan tentuya kedua dinamika ini (struktural dan fungsional .... mungkin ini istilah yang aku buat sendiri dengan definisi yang tidak umum) harus berjalan bersamaan. struktural berfungsi untuk melakukan manajemen administrasi staft dan perangkat sedangkan fungsional berfungsi untuk melakukan pelayanan terhadap sivitas akademik.

Aku mulai menggeser kebijakan yang fokus ke struktural ke kebijakan fungsional, hmm ini sebuah kebijakan mendasar .... artinya harus mulai digeser paradikmanya, dari pengawalan regulasi menjadi pengawal SLA (service Level Agreement). nah .... dengan perubahan mendasar ini maka semua fungsionalitas di pengawalan ini tentunya berubah.

Menurut analisa yang aku lakukan, beberapa organisasi sudah mulai menggeser dinamikanya dari vertikal mulai menjadi horisontal, sudah mulai pimpinan bisa langsng melakukan akses ke ujung operasional, hmm.... bagaimana fenomena ini bisa terjadi ? ... ya tentu kalau dulu untuk melakukan kontrol secara horisontal akan mengalamai kesulitan karena jumlah titik ujung operasional jumlahnya banyak dan belum ada teknologi untuk membuat pucuk pimpinan menjangkaunya, tapi dengan sistem IT ini ...? bukankan ini sudah bukan lagi penghalang ? .... trus apakah sistem struktural masih akan dipertahankan ?.... ya fenomena menjadi dilematika sistem manajemen organisasi saat ini, apakah akan merampingkan struktur dengan menggunakan model horisontal ? dimana pucuk pimpinan bisa langsung melakukan akses ke ujung operasional ?

Beberapa masukan aku dengar, tapi rasanya untuk kebutuhan fungsional ini aku lebih memilih untuk menggunakan sistem horisontal agar kebutuhan pelayanan menjadi cepat. semoga ALLAH menunjukkan mana yang baik. Amin



Read More | Respon : 2 komentar

2 Komentar

agrGSUtL

pada : 27 November 2011


"I have exactly what info I want. Check, please. Wait, it's free? Awsoeme!"


yudi

pada : 12 December 2011


"Good idea pak, semoga Allah SWT memberi jalan seluas-luasnya bila itu ide yang baik menurutNya. amin"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :